Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, November 16, 2013

Dishut Musirawas Tertibkan Tanaman Sawit Dalam Kawasan Hutan Konservasi

MUSIRAWAS–Dinas Kehutanan Kabupaten Musirawas, Sumatra Selatan akan menertibkan tanaman kelapa sawit dalam kawasan hutan konservasi, kata Kepala Dishut setempat Nawawi.

Menurut dia, saat ini ada indikasi tanaman kelapa sawit sudah merambah masuk dalam kawasan hutan konservasi bahkan hutan lindung di wilayah Kabupaten Musirawas Nawawi.


Ia mengatakan, tanaman kelapa sawit dalam kawasan itu diduga kuat dilakukan masyarakat dan perusahaan perkebunan, sehingga mengancam turunya debit air di kawasan hutan tersebut.

“Kita akan melarang tanaman sawit dalam kawasan karena kawasan hutan sebagai sumber mata air, sedangkan kelapa sawit tinggi dalam penggunaan air,” katanya, Jumat (15/11/2013).

Pihaknya akan menurunkan tim untuk mengevaluasi tanaman kelapa sawit dalam kawasan hutan di daerah itu dengan melibatkan aparat keamanan.
Pemerintah daerah telah menetapkan kebijakan melarang tanaman kelapa sawit tumbuh di kawasan hutan konservasi, apalagi hutan lindung dan taman nasional.

Larangan tersebut ditetapkan setelah diketahui tanaman kelapa sawit banyak menyerap air, karena memiliki akar serabut punya kemampauan menyerap air hingga puluhan liter per harinya.
Kondisi fisikologi tanaman kelapa sawit tersebut sangat mungkin menyebabkan ketersedian air tempat tumbuh tanaman sawit menurun drastis.
Padahal hutan merupakan wilayah penyangga air dan sangat vital bagi kelangsungan hidup manusia maupun hewan.
Selain itu, katanya, tanaman kelapa sawit yang berakar serabut berpotensi menyerap unsur hara dalam jumlah relatif banyak, sehingga lahan ditumbuhi sawit produktif akan miskin unsur hara, sulit ditumbuhi tanaman jenis lain.

“Kami akan berupaya kawasan hutan dalam wilayah Musirawas bebas dari tumbuhan kelapa sawit,” katanya.

Kepala Dinas Perkebunan Musirawas Ramdani mendukung pemerintah daerah melarang tanaman kelapa sawit dalam kawasan tersebut termasuk kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Untuk mengantisipasi rusaknya kawasan hutan dan DAS dari ancaman tanaman kelapa sawit, maka perluasan arealnya dibatasi khususnya dekat kawasan dan DAS.

Selain itu limbah pabrik pengolahan kelapa sawit dikendalikan sesuai aturan, sehingga pencemaran lingkungan dan sungai dapat diatasi, ujarnya.(ant/msi)

 Oleh on Nov 16th, 2013
 Bisnis sumatera

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum