Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Thursday, November 28, 2013

Produksi CPO Indonesia Ditargetkan 29,5 Juta Ton

Medan. Indonesia menargetkan produksi minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) sebanyak 29,5 juta ton di tahun depan. Jumlah ini naik 1,5 juta ton dibandingkan tahun 2013 sebanyak 28 juta ton.
Selain memenuhi pasar ekspor, kenaikan target tersebut juga untuk memenuhi pasar lokal karena adanya peraturan baru di bidang energi yang mengharuskan penggunaan 10% biodiesel bagi alat transport.
Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), Derom Bangun, mengatakan, target CPO sebesar 29,5 juta ton tahun 2014, optimis bisa tercapai namun dengan perkiraan cuaca dan siklus biologi tanaman sawit normal.

"Jika terjadi anomali cuaca seperti tahun ini dan siklusnya tidak bagus, target produksinya tidak akan bisa tercapai. Produksi TBS akan turun. Karena untuk tahun ini saja, produksi CPO yang kita targetkan sebanyak 28 juta ton, diperkirakan hanya bisa tercapai sebesar 26,2 juta ton di akhir tahun," katanya, Selasa (26/11) di Medan.

Derom mengatakan, tahun 2014, penggunaan CPO akan meningkat karena Indonesia mengumumkan penggunaan biodiesel bagi alat transport dari 7,5% menjadi 10%. "Hitungan DMSI, nantinya dengan peraturan baru ini, CPO untuk keperluan biodiesel akan terserap 2,6 juta ton. Dengan penggunaan ini, maka serapan CPO dalam negeri akan lebih banyak dari tahun lalu," jelasnya.

Peningkatan ini juga kata dia, untuk mengurangi volume ekspor CPO Indonesia. Terlebih lagi, hingga kini, kampanye hitam sawit yang menyebutkan adanya kandungan yang tidak baik dalam CPO bagi kesehatan dan sektor kelapa sawit juga menyumbang emisi gas kaca, masih terus bergulir di Uni Eropa. Karena itu, jika serapan lokal tinggi, ekspor CPO akan lebih sedikit.

DMSI mencatat, selama ini, daya serap CPO lokal yakni makanan seperti mie sebesar 5,9 juta ton, industri seperti olekimia sebesar 1,3 juta ton, biodisel sebesar 2,6 juta ton dan listrik sebesar 1,5 juta ton. "Total serapan untuk lokal 11,3 juta ton dan untuk ekspor jauh lebih besar yakni 18 juta ton," kata Derom.

Ditambahkannya, selama ini, CPO memang masih difokuskan untuk ekspor. Tercatat, tahun 2013 ini, ekspornya diperkirakan mencapai 19 juta ton atau naik hingga 3 ton dari capaian tahun lalu sebesar 17 juta ton.

Nilai ekspor minyak sawit tahun 2012, kata Derom, mencapai Rp 26 miliar. Meski untuk tahun ini belum terhitung, namun diperkirakan lebih tinggi dari tahun lalu. Dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, sawit menyumbang sangat besar. Karena itu juga, Indonesia terus gencar menghempang kampanye hitam sawit agar tidak mempengaruhi pasar ekspor CPO Indonesia. "Karena kenyataannya, hingga kini, sekitar 80% produksinya diekspor," kata Derom.

Menurut Derom, penggunaan minyak sawit sepanjang tahun 2013 sebanyak 55 juta ton, diprediksi naik ke kisaran 58 juta ton di tahun 2014. Dan, disepanjang 2013 ini penggunaan CPO di Eropa sebanyak 5,27juta ton dan tahun depan diperkirakan turun ke kisaran 4,9 juta ton.

Di Indonesia sebanyak 9,2 juta ton dan tahun 2014 naik jadi 11,3 juta ton, India 8,35 juta ton dan di tahun depan jadi 8,73 juta ton dan China dari 6,72 juta ton menjadi 7,02 juta ton. Negara-negara ini menjadi pengguna CPO terbesar dan selalu ada peningkatan di setiap tahunnya.

Sementara itu, total produksi minyak nabati dunia tahun 2013 sebanyak 158 juta ton dan 33% atau 55 juta ton merupakan minyak sawit. Sedangkan kedelai sebesar 28% atau 44 juta ton, kanola 15% atau 24 juta ton, dan bunga matahari 9% atau 14 juta ton. "Sedangkan perkiraan produksi tahun 2014 sebanyak 162 juta ton dan minyak sawit masih akan berkontribusi paling besar," jelas Derom. ( elvidaris simamora)

 http://mdn.biz.id/n/64500/

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum