Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, November 19, 2013

Pasar Lelang Karet di Sumbar Sudah Operasi

PADANG–Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno meresmikan pasar lelang karet dan penyerahan alat bahan pengolahan serta penyerahan bibit sawit untuk kelompok tani di Kabupaten Pasaman Barat, guna meningkatkan pendapatan petani.


“Kabupaten Pasaman merupakan sentra komoditas perkebunan terbaik di Sumatera Barat, seperti kelapa sawit, kakao, karet dan nilam. Momentum tersebut juga sekaligus menyerahkan penghargaan terhadap kelompok tani berprestasi,” kata Irwan Prayitno di Simpang Empat, Senin (18/11/2013).

Menyikapi kondisi ketidakstabilan harga saat panen dan pasca panen, perlu dilakukan diversifikasi tanaman perkebunan di Kabupaten Pasaman Barat, sehingga pada saat terjadinya penurunan harga salah satu komoditas, petani perkebunan tetap menerima pendapatan yang tinggi karena harganya stabil.

“Saat ini kita memberikan pembangunan tempat pelelangan komoditas karet merupakan salah satu cara untuk mendapatkan harga yang wajar bagi petani,” ujarnya.

Sistem pelelangan, maka harga yang tertinggi menjadi patokan penjualan karet karena terjadi penetapan harga yang transparan, sehingga masyarakat terbantu untuk mendapat penghasilan yang lebih baik, dari waktu ke waktu.

Pemberian bantuan alat bahan olahan (Bokar) bersih, bertujuan untuk menghasilkan bahan baku karet yang tidak dicampur dengan bahan-bahan lain seperti kulit kayu, tanah dan sebagainya.
Jika masih ada prilaku masyarakat penyadap karet masih mencampuran dengan bahan lain akan merugikan petani dan akan menurunkan harga.

Selain itu, kata dia, nilam adalah salah satu komoditas unggulan juga di Kabupaten Pasaman Barat termasuk yang mempunyai kulitas terbaik di Indonesia.

Pemberian alat suling nilam mendorong petani untuk menghasilkan minyak nilam yang baik, bersih, tidak kotor dan tidak terkontaminasi dengan zat-zat lain.

Irwan juga menyampaikan pemberian bantuan bibit kelapa sawit kepada beberapa pesantren dan yayasan pendidikan bertujuan untuk mendukung terselenggaranya proses belajar dan mengajar serta operasional nantinya.

Jadi, saat kelapa sawit berproduksi akan menjadi sumber pemasukan bagi pengelolaan dan pengembangan lembaga atau organisasi pendidikan Pondok Pesantrean Darul Ulum.

Dalam kesempatan itu, gubernur juga meresmikan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cahaya Makkah Jorong Pasaman Barat, Nagari Lingkuang Aua.

Bupati Baharuddin dalam kesempatan itu menyampaikan, saat ini tidak sedikit masyarakat Pasaman Barat yang mengalami kerugian dari bibit sawit yang tidak baik, yang berdampak pada kualitas produksi sawit, bahkan ada yang tidak berbuah sama sekali.

Karena itu bantuan Pemprov Sumbar memberikan bibit sawit unggul, sesuatu yang amat didambakan oleh masyarakat Pasbar. Selain ini masyarakat juga perlu penambahan para penyuluh dalam meningkatkan hasil perkebunan, coklat, karet, nilam dan lain-lain.

“Kita amat yakin pengembangan pembangunan Pasaman Barat yang dilandasi agama akan mampu menjadikan masyarakat daerah itu maju dan sejahtera,” ujarnya.(ant)

Oleh on 

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum