Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, March 24, 2012

Ribuan Buruh Akan Demo Tolak Kenaikan Harga BBM

Medan, Ribuan buruh  akan menggelar unjuk rasa di sejumlah titik di Kota Medan untuk menyalurkan aspirasi dalam rangka penolakan atas rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM mulai 1 April mendatang. Unjuk rasa buruh yang  tergabung  di bawah naungan Dewan Pimpinan Cabang Konfederasi  Serikat Perkerja Seluruh Indonesia (DPC  K-SPSI) ini, rencananya akan dilaksanakan pada 27 atau 29 Maret .

Hal ini terungkap dalam pertemuan Ketua DPC K SPSI Kota Medan Maruli Sihombing dengan Walikota Rahudman Harahap di Balai Kota, Kamis (22/03/2012).  Maruli berharap apabila Kantor Walikota menjadi salah satu lokasi buruh berunjukrasa,  orang nomor satu di Pemko Medan itu bersedia menemui dan berdialog dengan  para buruh.
Didampingi sejumlah pengurus lainnya, Maruli mengaku pihaknya tak mungkin lagi untuk menahan agar buruh  tidak berunjukrasa. Hal itu bisa dimakluminya, sebab para buruh langsung merasakan dampaknya apabila harga BBM benar-benar naik. Sementara buruh hanya mengandalkan gaji yang  telah ditetapkan sesuai dengan Upah Minimum Kota (UMK)/Upah Minimum Sektoral Kota (UMSK)..
“Jika pemerintah benar-benar menaikkan harga BBM, kami minta kepada Pemko Medan untuk bisa memberikan solusi kepada buruh. Salah satu yang kami inginkan agar para buruh bisa mendapatkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT). Selama ini buruh tidak pernah mendapatkan  bantuan BLT, padahal BLT itu untuk membantu masyarakat yang kurang mampu menyusul terjadinya kenaikan BBM,” kata Maruli seraya berharap agar Walikota dapat mengusahakan para buruh untuk mendapatkan dana BLT tersebut.
Selain BLT, Maruli juga minta agar UMK maupun UMSK dapat ditinjau kembali apabila harga BBM dinaikkan. Dengan kenaikan itu diyakininya  harga-harga lainnya, terutama Sembilan bahan pokok (sembako) dipastikan ikut naik. Karenanya, UMK ataupun UMSK yang telah ditetapkan itu dinilai tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Dalam aksi nanti, Maruli pun berjanji  akan mengarahkan seluruh buruh  untuk tidak bertindak anarkis. Untuk itu seluruh pengurus DPC K SPSI Kota Medan akan mengawal jalannya unjukrasa sehingga tidak disusupi piha-pihak yang tidak bertanggungjawab. Untuk itulah usai melakukan pertemuan dengan Walikota, mereka langsung menggelar rapat sehingga aksi bernar-benar berjalan aman dan damai.
Walikota Medan Rahudman Harahap didamping Plt Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan Marahusin Lubis  dan Kepala Bidang Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Robert Tambunan mengucapkan terima kasih, sebab pengurus DPC K SPSI Kota Medan telah melaporkan tentang rencana unjukrasa para buruh.
Untuk itu Walikota berharap agar aksi yang dilakukan tidak anarkis guna menjaga agar Kota Medan tetap aman dan kondusif.
“Sampaikanlah aspirasi dengan santun dan damai,  saya berharap para buruh tidak melakukan tindakan anarkis karena itu akan merugikan diri sendiri maupun orang lain,” kata Walikota mengingatkan.
Terkait dengan permintaan agar buruh mendapatkan BLT, Walikota menilai permintaan itu sangat wajar. Jika buruh mendapat bantuan BLT, tentunya sangat membantu dalam meringankan beban yang dipikul  menyusul kenaikan harga yang disebabkan naiknya harga BBM. Karenanya, Walikota  akan berusaha  menindaklanjutinya.
Mengenai peninjauan UMK/UMSK, Walikota minta kepada Kadisnaker untuk mempelajarinya. Karenanya, intansi pemerintah yang menangani masalah buruh itu diminta terus berkoordinasi dengan Dewan Pengupahan.
“Apa yang menjadi tuntutan buruh ini harus disikapi dengan baik sehingga Kota Medan tetap aman dan kondusif,” harapnya. (BS-024)

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum