Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, March 6, 2012

Apkasindo Bantah Alihfungsi Lahan di Sumut ...

MEDAN: Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) membantah terjadinya alih fungsi lahan pertanian secara besar-besaran ke tanaman sawit.

"Diakui, pertumbuhan areal tanaman sawit petani lebih tinggi dibandingkan perusahaan, tetapi persentase peralihan dari lahan pertanian ke tanaman sawit tidak terlalu besar atau hanya sekitar dua persen hingga dewasa ini," kata Ketua Umum Apkasindo, Anizar Simanjuntak, di Medan, Rabu 7 Maret 2012.
Dia mengatakan itu menepis sinyalemen dari berbagai kalangan yang menyebutkan bahwa lahan pertanian yang terus berkurang akibat alih fungsi lahan yang besar-besaran ke tanaman sawit.

"Untuk mengklarifikasi tudingan itu sekaligus guna kepentingan keakuratan data menyangkut total lahan dan kondisi tanaman sawit petani di Indonesia, Apkasindo dewasa ini sedang melakukan pendataan. Hasil sementara, alih fungsi lahan pertanian ke sawit masih rendah atau hanya sekitar dua persen hingga dewasa ini," katanya.

Data di lapangan, kata dia, alih fungsi lahan pertanian lebih cenderung unruk perumahan baik secara perorangan atau perumahan sejalan dengan terus meningkatnya jumlah penduduk.

Dia menyebutkan, lahan sawit petani dewasa ini sudah berkisar 3,9 juta hektare dari hampir delapan juta hektare total luas lahan sawit nasional.

"Soal peralihan tanaman petani dari pertanian ke sawit sendiri harusnya juga menjadi 'PR' (pekerjaan rumah) bagi pemerintah. Harus ada evaluasi kenapa petani tidak merasa perlu mempertahankan tanaman padinya," katanya.

Misalnya, apakah harga jual gabah atau beras masih dinilai tidak menguntungkan.

Tanaman Tua Meski pertumbuhan areal tanaman sawit petani bertambah terus, tetapi, kata Anizar, tidak terlalu menggembirakan karena banyak tanaman berusia tua.

Tanaman tua dan asal dari bibit tidak berkualitas milik petani ada sekitar 35 persen dari total areal sawit rakyat yang sebanyak 3,9 juta hektare milik petani.

"Khusus tanaman yang ditanam di bawah tahun 2.000 bisa dipastikan berasal dari bibit yang tidak unggul bahkan tidak jelas asal usulnya sehingga produktivitas dan mutunya rendah,"katanya.

Mengacu pada masalah itu pula-lah, makanya, Apkasindo juga menilai program sertifikasi lahan petani mendesak dilaksanakan.

Apkasindo berharap kerja sama program sertifkasi lahan petani sawit dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan kementerian terkait bisa dilaksanakan tahun ini juga.

Dengan lahan bersertifikat, petani dapat meminjam uang ke bank dan dana itu bisa untuk meremajakan tanamannya, katanya.

Wakil Ketua I Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) Derom Bangun, mengakui, peningkatan produktivitas dan mutu sawit Indonesia harus ditingkatkan khususnya di petani yang menjadi pemilik areal terbesar.

Prospek minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) masih sangat besar dan itu harus dimanfaatkan Indonesia yang menjadi salah satu negara produsen sawit terbesar di dunia.(antara)

Menurut Derom, produksi CPO nasional tahun ini diperkirakan mencapai 25,9 juta ton dari 2011 yang masih 24,1 juta ton.

Setelah ke India, ekspor CPO Indonesia terbesar adalah ke China dan Uni Eropa yang juga diperkirakan mengalami kenaikan permintaan.

Harga CPO sudah 1.125 dola AS per metrik ton (MT) sebagai dampak permintaan yang tinggi dan kenaikan harga minyak mentah.(EKsp)

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum