Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, January 19, 2013

BNI Syariah kembali biayai perkebunan sawit

PALEMBANG : BNI Syariah kembali menyalurkan pembiayaan sektor perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, menyusul membaiknya harga komoditas itu pekan ini.
"Setelah sempat dihentikan selama satu bulan, akhirnya sejak beberapa hari lalu, pembiayaan untuk petani dan pengusaha sawit disalurkan kembali," kata Pimpinan Kantor Cabang Pembantu BNI Syariah Betung Muri Yandi di Palembang, Jumat 18 Januari 2013.
Ia menjelaskan pihaknya sempat menghentikan penyaluran pembiayaan karena komoditas ekspor itu di tingkat petani jatuh hingga harga terendah Rp300 per kilogram.

Perbankan yang menganut sistem pembagian hasil itu mengkhawatirkan kemampuan petani dalam mengembalikan pinjaman lantaran mengalami kerugian cukup besar.

Namun, penghentian itu hanya sementara mengingat sejak awal 2013 harga sawit mulai membaik dan data terakhir berada sekitar Rp700 per kilogram.

"Harga komoditas baik sawit maupun karet mengalami penurunan sejak pertengahan tahun lalu, namun yang sangat terpukul adalah pengusaha perkebunan sawit. Jadi sembari menanti, semua pembiayaan dialihkan ke karet," katanya.

Menurut dia, minat petani atau pengusaha untuk mengembangkan usaha perkebunan terbilang tinggi. BNI Syariah pun memanfaatkan kesempatan itu dengan menjalankan produk layanan mikro yang memberikan pinjaman berkisar Rp5 juta-Rp500 juta.

Sebagian besar dana pinjaman itu digunakan untuk perluasan lahan, pembelian bibit, serta pembelian berbagai barang investasi lainnya.

Terkait dengan rasio pengembalian pinjaman layanan mikro itu, ia mengatakan mencatat angka 100 persen meski dalam kondisi pelemahan ekonomi.

Para penerima pinjaman itu mampu mengembalikan sesuai dengan ketentuan perusahaannya.

"Sejak dibuka tujuh bulan lalu, KCP BNI Syariah Betung mampu melampaui target sebesar 148 persen setelah mencatat angka Rp7 miliar Desember 2012. Dari capaian ini dapat diketahui betapa besarnya potensi pinjaman mikro di Sumsel yang dikenal dengan sektor perkebunannya," katanya.(antara)sumsel

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum