Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, January 29, 2013

Harga TBS di Langkat Mulai Naik

Langkat. Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit petani di Kabupaten Langkat mulai naik dari Rp 650-Rp 700 per kilogram (kg) menjadi Rp 900 per kg.

“Sebulan yang lalu atau di Desember 2012 harga TBS anjlok hingga ke level Rp 650- Rp 700 per kilogram, dan sepekan lalu sudah naik. Waktu saya panen sepekan lalu harga jualnya sudah Rp 800 per kilogram, dan harga hari ini menurut pedagang penampung kembali naik menjadi Rp 900 per kilogram,”kata Syafruddin (56), salah seorang petani kelapa sawit di Desa Paya Bengkuang Kecamatan Gebang, Langkat ketika ditemui MedanBisnis, Senin (28/1).Menurut para petani sawit, naiknya harga jual TBS dikarenakan produksi kelapa sawit mulai berkurang atau mengalami trek. “Harga sawit memang naik,tapi tidak sampai Rp 900, sawit kami hanya Rp 800 per kilogram dibeli penampung. Mungkin karena jarak tempuh kebun dengan PKS yang jauh sehingga biaya ongkos angkut dibebani kepada kami,” aku Suwardi, petani sawit di Desa Pematang Tengah Kecamatan Pematang Jaya.

Kalau di Tanjungpura dan Gebang kata dia, harga sawit naik menjadi Rp 900 per kg. Pembelian PKS yang ada di Langkat juga sudah menaikkan harga ada yang membeli Rp 1.100, dan ada juga yang membeli dengan harga Rp 1.000 per kg tergantung rendemen TBS.

“Hari ini kami beli TBS Rp 1.100 dari sebelumnya Rp 1.050 per kilogram. Crude Palm Oil (CPO) juga sudah mulai lancar dibongkar di tempat pengiriman. Jika dua pekan lalu truk tangki sempat antri di Belawan hingga sepekan, kini paling lama dua hari sudah bongkar. Kemudian stok CPO di tangki timbun juga sudah dikirim, dan produksi olah TBS sudah mulai lancar, karyawan sudah kembali bekerja 2 ship,” kata Manager Perkebunan dan PKS PT Jaya Baru Pertama, Go Kok Peng.(misno)
 
sumber : MedanBisnis

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum