Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Wednesday, January 2, 2013

Teknik Dasar dalam Belajar Fotografi yang Benar

Jakarta: FOTOGRAFI di zaman serba canggih ini, bukanlah hal yang langka, hampir semua kalangan banyak yang menyukai hobi yang dapat menghilangkan stres ini. Berikut teknik dasar dalam belajar fotografi:
Bulb

Kecepatan kamera, dapat diatur sesuai dengan waktu yang kita inginkan. Teknik ini dilakukan dengan menahan tombol pelepas rana dengan lebih lama.

Untuk mendapatkan hasil foto bulb secara maksimal, dapat digunakan kabel release dan tripod. Misalnya, Anda mempergunakan kecepatan 30 detik sampai habis waktu perekaman cahaya.

Depth of Field

Hal-hal yang mempengaruhi ruang tajam, yakni Jarak pemotretan (jauh=luas, dekat=sempit), bukaan diafragma (kecil=luas, besar=sempit), jarak fokus lensa atau focal length (tele=sempit, wide=luas, normal=bisa diatur).

Zooming

Zooming merupakan teknik foto untuk memberikan kesan gerak dengan mengubah panjang fokus lensa. Perubahan panjang fokus hanya dapat dilakukan dengan lensa zoom.

Untuk mendapatkan kesan gerak, Anda harus menggunakan kecepatan rana tidak lebih dari 1/30 detik. Untuk mendapatkan foto zooming secara maksimal, pakai alat kaki tiga (tripod).

Panning

Panning merupakan salah satu cara untuk memberikan kesan gerak pada foto. Saat melakukan panning, Anda harus mengikuti objek selama membidik.

Hasil foto menjadikan objek menjadi relatif tajam dibandingkan dengan backgroundnya yang hampir sepenuhnya blur. Untuk mendapatkan foto panning secara maksimal; dengan speed rendah (8 hingga 60), dan pakai alat kaki tiga (tripod).

Slow dan Stop Action

Slow action, adalah salah satu teknik fotografi yang bertujuan memperlihatkan atau menangkap gerakan objek. Biasanya digunakan kecepatan rendah, antara 1/30 hingga 1 detik.

Stop action adalah kebalikan dari slow, yaitu teknik fotografi untuk bertujuan membekukan gerak objek. Biasanya digunakan kecepatan tinggi, antara 1/125 sampai dengan 1/4000 bahkan lebih. [Fer-12]

indonesiarayanews.

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum