Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Wednesday, January 30, 2013

..Harga Kepala Sawit Di Bengkulu Naik

BENGKULU – Harga buah kelapa sawit pada tingkat petani pekan ini di Bengkulu naik menjadi Rp900 per kg dari sebelumnya rata-rata Rp800 per kg.
“Sementara itu, pasokan dari petani pada saat ini cendrung berkurang akibat pengaruh cuaca dan banyak kebun sawit petani tidak terpelihara sewaktu harga anjlok,” jelas Manager pabrik PT Palma Mas Sejahtra (PMS) Bengkulu Aswin di hubungi, Selasa (29/1).

Dia mengatakan pasokan berkurang itu sangat berampak pada kebutuhan bahan baku pabrik sehingga setiap minggu tidak mencapai target. Untuk mengatasi masalah ini pihaknya ada kerja sama olah dengan perusahaan perkebunan PT Bio Nusantara.
“Biasanya setiap minggu membutuhkan paling tidak membutuhkan 1.400 ton buah kelapa sawit, pada 2 pekan terakhir haya terealisasi separuhnya bahkan dibawah itu,” paparnya.
Sementara itu, harga beli sawit masyarakat saat ini untuk grade A sebesar Rp1.200 dan grade B 1025 per kilogram dan harga minyak mentah kelapa sawit (CPO) lokal Rp1.600 per kilogram, harga itu bisa ditingkatkan sesuai grade buah sawit tersebut.
Mudah-mudahan saja pekan berikutnya pasokan dari petani kembali normal, sehingga operasi pabrik mulai maksimal karena permintaan minyak mentah kelapa sawit dari luar Bengkulu ada peningkatan.
Seoarang petani sawit di kawasan Teluk Sepang Kota Bengkulu H Nuhani mengatakan, harga buah sawit dibeli pedagang pengumpul saat ini mulai naik menjadi Rp900 dari sebelumnya rata-rata Rp820 per kilogram.
Meskipun terjadi harga naik petani belum bisa membeli pupuk sesuai kebutuhan karena harga pupuk cukup tinggi dan stok untuk harga subsidi terbatas sekali, ujarnya.
“Kami dua kali panen baru bisa membeli pupuk separuh dari kebutuhan mencapai 15 ton setiap tiga bulan, selama ini sejak harga sawit menyetuh angka Rp550 per kilogram sangat menyulitkan petani,” ujarnya. (Ant/esu)/BS.c

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum