Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Sunday, January 20, 2013

Lagi, Industri CPO Kena Tonjok

Jakarta - Sudah jatuh tertimpa tangga. Mungkin, itulah ungkapan yang paling tepat untuk nasib para pengusaha yang bergeak di bisnis sawit beserta produk turunannya. Maklum, ketika pasar dunia masih belum bersahabat, yang membuat harga minyak sawit mentah (CPO) sulit untuk bangkit, muncul berbagai masalah-masalah lain yang tak kalah memberatkan.

Persoalan terbaru yang muncul ke permukaan adalah Pemerintah India yang akan menerapkan bea masuk untuk CPO Indonesia sebesar 2,5%. Ini, jelas, tidak bisa dianggap enteng. Sebab, India merupakan pembeli CPO Indonesia terbesar. Tahun lalu saja, ekspor ke negeri Sungai Gangga tersebut mencapai sekitar 5 juta ton lebih atau 24% dari total eskpor.

Yang membuat suasana lebih runyam, beban baru itu datang di kala produsesn sawit Indonesia harus berhadapan dengan produk Malaysia yang telah menurunkan bea keluar (pajak ekspor) CPO dari 22,7% menjadi 8,5%. Sementara bea keluar di Indonesia (kendati sudah dipangkas), masih berada di level 9%.

Sudah begitu, harga ekspor juga belum pulih sepenuhnya. Ada memang prediksi-prediksi optimistis yang menyebutkan bahwa permintaan tahun ini akan meningkat dan harga minyak sawit bakal menyentuh US$1.100 per ton. Tapi sampai sekarang itu masih berupa proyeksi belaka.

Benar-benar sangat disayangkan. Padahal, minyak sawit merupakan andalan bagi ekspor non migas Indonesia. Kalau tak tertolong oleh CPO, kata seorang pejabat di Kementrian Perdagangan, defisit perdagangan kita bakal naik berlipat-lipat. [mdr]

 http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1949381/lagi-industri-cpo-kena-tonjok#.UPwhNPIqtkg

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum