Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Wednesday, May 23, 2012

Petani Sawit Bengkulu Khawatir Harga Makin Anjlok

Para petani kelapa sawit di Provinsi Bengkulu mengkhawatirkan harga produksi mereka makin anjlok, seiring makin banyaknya buah kelapa sawit dari luar Bengkulu saat ini.
 
Buah kelapa sawit dipasok ke berbagai pabrik pengolahan kelapa sawit di Bengkulu hingga saat ini didatangkan dari wilayah Sumatra Barat dan Jambi, kata seorang petani kelapa sawit di Desa Penarik, Kecamatan Mukomuko Selatan, Subagiyo saat dihubungi di Bengkulu, Selasa.
Ia mengatakan, biasanya pabrik memprioritaskan buah kelapa sawit petani lokal, namun akibat banyaknya pasokan buah sawit dari luar Bengkulu, mereka kewalahan.
 
Akibatnya harga buah kelapa sawit pada tingkat petani turun drastis yaitu menjadi Rp1.300 dari haraga sebelumnya Rp1.600 per kilogram.
 
"Kami berharap kepada pemilik perusahaan pengolahan buah kelapa sawit di wilayah itu untuk membatasi pasokan buah sawit dari luar Bengkulu atau lebih memprioritaskan buah lokal," ujarnya.
 
Ketua Gabungan Petani Sawit Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Khairul Siregar mengatakan, bisa saja asumsi petani itu benar karena pasokan buah kelapa sawit dari luar Bengkulu hingga saat ini cukup banyak.
 
Hal itu terjadi diperkirakan, harga buah kelapa sawit pada tingkat pabrik pengolahan di luar Bengkulu lebih rendah, sehingga pedagang pengumpul menyerbu menjual buah sawit ke Bengkulu yang lebih tinggi.
 
Ia menjelaskan, untuk harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit pada tingkat petani menjadi Rp1.300 dari sebelumnya Rp1.400 dan pada tingkat pabrik turun menjadi Rp1.435 dari sebelumnya Rp1.550 per kilogram.
 
Harga sawit pada tingkat pabrik antara lain PT BMK di Mukomuko saat ini tinggal Rp1.435 dari pekan sebelumnya sebesar Rp1.550 per kilogram.
 
Sedangkan harga crude palm oil (CPO) pasar lokal masih bertahan Rp9.200 per kilogram setelah sebelumnya turun dari Rp9.500 perkilogram, jumlah itu jauh belum seimbang dengan harga tandan buah segar (TBS) diterima pabrik pengolahan kelapa sawit sebesar Rp1.405 per kilogram.
 
"Dengan harga crude palm oil (CPO) atau minyak mentah sawit Rp9.200 per kilogram itu idealnya harga tandan buah segar (TBS) petani daerah ini Rp1.650 per kilogram," katanya.
 
(es/ES/bd-ant)

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum