Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Thursday, May 10, 2012

Masyarakat Aceh Utara Bergairah Tanam Karet

BANDA ACEH:Masyarakat pedesaan di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, mulai bergairah untuk menanam tanaman karet, karena mendapat kemudahan dari pemerintah setempat.

Kabid Perkebunan pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh Utara, Kastabuna di Lhokseumawe, Rabu 9 Mei 2012 mengatakan, hampir semua permohonan bantuan bibit tanaman produktif yang diterima lebih banyak untuk jenis tanaman karet pada tahun 2012.
Menurut dia, ramainya permohonan bibit tanaman jenis itu, merupakan salah satu indikator keunggulan tanaman itu secara jangka panjang di mata masyarakat petani di Aceh Utara, karena dianggap menguntungkan dari segi ekonomis.

Apalagi, harga komoditas karet di tingkat petani saat ini mencapai Rp16.000/Kg. Selain itu, harga karet juga bersaing karena mengikuti harga karet dunia yang selalu berubah-ubah.

Meskipun terkadang harga sempat mengalami anjlok hingga dibawah Rp10.000/Kg, namun, semangat masyarakat untuk membudidayakan tanaman tersebut tetap tinggi, ujarnya.

Disebutkan lagi, selain mudahnya pemasaran, tanaman karet juga tidak memerlukan perawatan khusus, apabila sudah saatnya masa panen, maka akan berlangsung secara kontinu dan terus menghasilkan apabila dirawat dengan baik.

Sementara itu, terkait bantuan tanaman karet yang tersedia pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh Utara, adalah berupa bibit tanaman alokasinya sebanyak 250 hektare. Bantuan tersebut berasal dari APBN 2012.

Kemudian ditambah lagi sebanyak 10 hektare dari bantuan APBK Aceh Utara, ungkap Kastabuna.

Luas kebun karet milik masyarakat di wilayah Aceh Utara 8.200 hektare, dengan produksinya per tahun mencapai 2.151 ton. Jenis komoditi perkebunan tersebut, dipasarkan melalui Sumatera Utara.

Sebagai upaya meningkatkan produktivitas tanaman karet, Kastabuna mengharapkan kepada petani agar proses penderesan karet dilakukan peruntutan secara baik dan benar,sehingga hasilnya bisa menjadi lebih maksimal.(EKSPKamis, 10 Mei 2012 | 03:16:50)

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum