Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, May 15, 2012

Tembakau Deli Rusak Dihantam Hujan

Tembakau Deli "hancur minah". Rusak karena dihantam cuaca ekstrem. Hujan deras terus menerus hingga mengakibatkan rusak seperti milik PT perkebunan Nusantara (PTPN) 2.
Sebanyak 12 juta daun tembakau tidak bisa dimanfaatkan, baik yang berada di kebun maupun yang ada di bangsal pengeringan.
"Kerusakan yang terjadi pada daun tembakau ini karena adanya hujan angin yang terjadi Minggu dan Senin sore kemarin," ujar Manager Distrik Tembakau Deli PTPN2, Bambang Sutrisno, kepada MedanBisnis.

Daun tembakau mengalami kerusakan itu sebagian di 4 bangsal pengeringan di kebun Buluh Cina sebanyak 3 juta, 2 bangsal pengeringan di kebun Helvetia sekitar 50 ribu daun. Selebihnya ada di lapangan atau masa tanam.
"Ada sekitar 7 bangsal pengeringan kita yang hancur karena hujan kemarin. Di 1 bangsal di Klumpang tidak ada isinya, tapi ini harus direhab kembali," ucapnya.
Untuk usia tanaman tembakau yang mengalami kerusakan tersebut yakni sekitar 30 hingga 45 hari atau sudah bisa dikutip daun. Sedangkan yang ada di bangsal pengeringan merupakan hasil kutipan daun untuk dikeringkan.
Diakui Bambang, adanya perubahan iklim yang selama ini terjadi, mengakibatkan produktivitas tanaman tembakau mengalami penurunan. Dari 2 hingga 3 ball per ladangnya di tahun 2008 menjadi berkisar 2 ball per ladang.
"Tanaman ini ibarat merawat bayi yang butuh perhatian secara khusus. Tidak boleh terlalu banyak curah air atau juga sebaliknya. Belum lagi perawatan agar daun tidak bolong termakan ulat dan perhatian lainnya yang bertujuan mempertahankan kualitas tembakau," ungkapnya. (henry)

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum