Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Sunday, May 6, 2012

Triwulan I, Nilai Ekspor Karet Sumut Anjlok

Medan. Nilai ekspor karet dan barang dari karet Sumatera Utara pada triwulan I 2012 anjlok hingga 38,18% atau tinggal US$ 614,235 juta akibat volume dan nilai jual yang turun. "Penurunan devisa dari golongan barang itu cukup besar di triwulan I 2012 atau tinggal US$ 614,235 juta dari periode sama tahun lalu yang sudah mencapai US$ 993,598 juta," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Suharno, di Medan, Jumat (4/5).
Meski nilai ekspor di Maret sudah naik dari posisi Februari, tetapi belum juga bisa mendongkrak perolehan devisa seperti di triwulan I 2011. Pada Maret devisa dari golongan barang itu mencapai US$ 218,666 juta dari US$ 202,436 juta di Februari. "Berdasarkan data, penurunan nilai ekspor karet dan barang dari karet Sumut itu dipicu penurunan volume dan harga jual," katanya.

Tetapi meski turun, kontribusi golongan barang itu masih tetap tinggi pada total ekspor Sumut di triwulan I 2012 atau nomor dua terbesar setelah lemak dan minyak hewan/nabati.

Sekretaris Eksekutif Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) Sumut, Edy Irwansyah, mengakui adanya penurunan ekspor karet pada tahun ini dimana pada Januari-Februari  hanya sebesar 79.838.750 kilogram dari periode sama 2011 yang sudah 89.860.886 kilogram.

Harga ekspor karet juga sempat anjlok dan meski sudah naik lagi tetapi berfluktuasi. Penurunan volume maupun harga ekspor karena dampak krisis di Amerika Serikat dan Eropa yang masih dirasakan.

Harga jual misalnya sempat hampir menyentuh di bawah US$ 3 per kilogram dari harga sebelumnya yang mencapai US$ 4-an AS per kilogram. "Meski harga ekspor tahun ini dinilai masih bagus tetapi di bawah angka 2011 sehingga mempengaruhi total nilai ekspor golongan barang itu di triwulan I," katanya. (ant/elvidaris simamora )/MB

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum