Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, January 7, 2012

Petani Di Aceh Dapat Bantuan Bibit Kakao

Sebanyak 564 petani di tiga kabupaten di Aceh yakni Pidie, Aceh Utara dan Aceh Timur mendapat bantuan sekitar 262.500 bibit kakao untuk 300 hektare lahan pertanian di kawasan itu.

"Bibit kakao bantuan tersebut akan ditanam di lahan baru milik petani penerima manfaat yang telah disiapkan sebelumnya," kata Direktur yayasan Keumang Yusri Yusuf dihubungi di Banda Aceh,
Bantuan bibit kakao yang diberikan kepada petani miskin, janda dan para kombatan di tiga kawasan tersebut disalurkan oleh Kemitraan ActionAid Australia (AAA) dan Yayasan Keumang.

Dijelaskannya, bantuan bibit kakao varietas unggul tahan penyakit dan produksi tinggi merupakan salah satu upaya memperbaiki produktivitas komoditas unggulan itu di masa mendatang.

"Dengan penanaman bibit unggul yang seragam akan mampu meningkatkan produtivitas kakao Aceh dua tahun mendatang dalam memenuhi pasar nasional dan internasional," katanya.

Pihaknya berharap dengan meningkatnya produktivitas salah satu komoditas ekspor di provinsi paling ujung barat Indonesia itu juga akan berdampak positif terhadap kesejahteraan petani.

Monitoring dan Evaluation Program Officer, Teuku Fadhla Ali mengatakan bibit bantuan tersebut dibuat dengan sistem cloning yakni dari tumbuhan induk yang bagus dan juga didatangkan dari Sulawesi.

Dijelaskannya, bibit kakao bantuan tersebut merupakan jenis varietas RCC 70, RCC 71, Sulawesi satu dan Sulawesi dua.

Ia menambahkan, bantuan bibit yang diberikan untuk ketiga kawasan itu ditargetkan akan tuntas didistribuskan dalam bulan Januari 2011.

"Pendistribusiannya sudah dilakukan dan akan tuntas pada minggu ketiga Januari," katanya menambahkan.

Distribusi bibit kakao untuk petani kecil tersebut merupakan bagian dari kerja program kakao Aceh yang sedang dijalankan AAA - Keumang dalam project Aceh Economic Development Financing Facility (AEDFF), didanai Multi Donor Fund (MDF) bekerjasama dengan pemerintah.
(es/ES/bd-ant)

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum