Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, January 3, 2012

Petani Kopi Gayo Akan Dapat Insentif Harga

BANDA ACEH- Petani kopi di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah bakal mendapat dana premium sosial dari fair trade sekitar Rp173 miliar pada 2012, jika penjualan kopi Gayo mencapai target yang ditentukan perdagangan dunia.

Ketua Asosiasi Produser Fair Trade Indonesia (APFI) Mustawalad di Takengon, Senin 2 Januari 2012 menyatakan, dana premium sosial itu nantinya, 25 persen diperuntukkan bagi peningkatan produksi dan penyelamatan lingkungan dan 75 persen lainnya dikelola petani.
Saat ini, sebut Mustawalad, jumlah petani fair trade 25.438 orang dengan luas lahan 29.183 hektare. Dengan estimasi produksi 43.775.865 kilogram. Dari semua ini, diperkirakan sosial fair trade Rp173 miliar selama tahun 2012.

"Dalam waktu dekat ini, saya bersama 13 orang lainnya dari berbagai koperasi di Aceh Tengah dan Bener Meriah akan menuju Banglore, India, dalam rangka menghadiri acara yang digelar Network of Asian Producers (NAP), tanggal 21-22 Januari 2012," ujar Mustawalad.

Agendanya sendiri salah satunya, kata Mustawalad, adalah pengukuhan Ketua Forum Kopi Fair Trade Asia Fasifik.

Ia mengatakan dari segi potensi dan prosek kopi Gayo sangat terbuka lebar di pasar dunia.

"Selain disukai, menurut Fair Trade Amerika, kopi Gayo masuk salah satu kopi termahal di dunia," kata Mustawalad.

Selain itu, katanya lagi, saat ini, beberapa koperasi kopi di Aceh Tengah sudah mendapat kredit lunak dari bank luar negeri seperti Islamic Development Bank.

"Kita berharap kepada para petani kopi Gayo untuk meningkatkan mutu kopi mereka, karena akan menguntungkan petani sendiri," jelas Mustawalad.(antara)/Eksp

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum