Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Saturday, January 7, 2012

Serangga penyerbuk sawit mampu genjot produksi 3%

MEDAN: Serangga penyerbuk kelapa sawit diperkirakan mampu meningkatkan produksi CPO sebesar 3% pada tahun ini dibandingkan dengan angka pada tahun lalu.
Dewan Minyak Sawit Nasional (DMSN) memprediksikan peningkatan produksi crude palm oil (CPO) bisa mencapai 750.000 ton dengan total nilai Rp6,75 triliun.

Wakil Ketua DMSN Derom Bangun menengaskan Indonesia tidak perlu memikirkan perluasan lahan untuk meningkatkan produksi sawit.
“Cukup dengan mendatangkan serangga penyerbuk kelapa sawit [SPKS] baru dari Afrika mampu mendongkrak produksi CPO 3% dari produksi tahun lalu sekitar 25 juta ton,” ujarnya kepada Bisnis di Medan hari ini (Kamis, 5 Januari).
Sebelum 1980-an, jelasnya, penyerbukan  kelapa sawit di Indonesia dilakukan secara manual dengan serangga lokal. Pada awal 1980-an, lanjut dia, Malaysia memperkenalkan serangga dari Kamerun, Afrika yang lebih kuat melakukan penyerbukan kelapa sawit.
“Indonesia, tambahnya, menggunakan serangga Kamerun itu menjadi serangga penyerbuk sejak 1983. Hasilnya sangat memuaskan karena penyerbukan kelapa sawit secara manual dapat ditinggalkan dan mengadandalkan  serangga elaeidobius kameronicus.”
Persoalannya kemampuan serangga Kamerun melakukan penyerbukan semakin menurun sejak beberapa tahun terakir, sehingga perlu diteliti serangga yang lebih kuat untuk melakukan penyerbukan tanaman.
“Banyak serangga dari Afrika yang mampu melakukan penyerbukan. Akan tetapi harus diteliti agar serangga tersebut tidak menyebarkan penyakit lain yang bisa mematikan tanaman kelapa sawit,” jelasnya.

Biaya tinggi 

Sementara itu, Direktur Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan Witjaksana Darmosaskoro mengatakan siap menggemban tugas tersebut sepanjang didukung oleh pemerintah pusat.
“Biaya untuk meneliti serangga penyerbuk baru ini cukup besar. Sebaiknya pemerintah mengambil sebagian dari dana bea keluar CPO untuk mendanai penelitian itu,” tuturnya.
Peningkatan produksi kelapa sawit bukan hanya dilakukan dengan cara perluasan lahan, tetapi dapat dengan meningkatkan penyerbukan, sehingga kualitas dan berat buah kelapa sawit bertambah.
Selama ini, tambahnya, serangga dari Kamerun sudah berperan besar menyerbuki kelapa sawit di Indonesia dan Malaysia. Akan tetapi, jelasnya, akhir-akhir ini kemampuan serangga Kamerun semakin menurun, sehingga produktivitas sawit nasional juga mengalami penurunan.
“Untuk mengantisipasi pelambatan produksi sawit nasional diperlukan berbagai terobosan, termasuk meneliti serangga penyerbuk baru yang mampu memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas kelapa sawit,” terangnya. (esu)/BS

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum