Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Friday, February 21, 2014

Dahlan Minta SBY Segera Bentuk Holding BUMN Perkebunan

Makassar - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar pembentukan holding BUMN perkebunan yang hingga saat ini terkatung-katung dan tinggal menunggu keluarnya PP (Peraturan Pemerintah) bisa segera diwujudkan.

 
Permintaan itu disampaikan langsung di depan SBY pada saat peresmian pabrik baru Tonasa V dan power plant 2 x 35 MW di Kabupaten Pankajene dan Kepulauan (Pankep) Sulawesi Selatan, Rabu (19/2).

“Kami mohon kepada Bapak Presiden segera. Ada contoh ketiga pembentukan holding BUMN yang nantinya bidang perkebunan. Mereka sampai hari ini masih berdiri sendiri-sendiri,” kata Dahlan.
Dia berharap pembentukan holding BUMN perkebunan itu akan segera mengikuti jejak dua holding BUMN, yaitu BUMN pupuk dan BUMN semen, yang terbilang sukses dengan menunjukkan kinerja yang lebih bagus setelah mereka melakukan sinergi.

"BUMN pupuk yang tadinya saling jegal dan berjalan sendiri-sendiri, kini mereka membangun sinergi dan berbagi pasar," ujarnya.

Begitu pula dengan holding BUMN semen yang berjalan sukses. Dahlan menyebut Semen Indonesia (SI), yang di dalamnya ada Semen Gresik, Semen Tonasa dan Semen Padang. Ketiganya kini telah menjelma menjadi perusahaan multinasional dan terbesar di Asia Tenggara.

“Tahun lalu, Semen Indonesia telah mengalahkan pabrik semen asal Thailand yang selama ini menjadi nomor satu di Asia Tenggara,” ujarnya.

Bahkan, dua tahun lalu SI berhasil ekspansi ke Vietnam dengan mengambil alih pabrik Thang Long Cement. Hanya dalam tempo setahun, Thang Long sudah membukukan laba.

“Pemasaran SI tidak hanya di Indonesia, tapi di lima negara Asia Tenggara lain seperti, Vietnam, Singapura, dan Laos,” katanya.

Dahlan juga mengungkapan dalam waktu dekat Semen Indonesia juga akan berada di Myanmar. Emiten berkode SMGR itu bakal menandatangani kerjasama operasional atau joint operational, seperti di Vietnam.

“Realisasinya satu atau dua bulan lagi,” kata Dahlan.

Menurut mantan Dirut PLN ini, Indonesia sangat berjasa dalam pembukaan ekonomi Myanmar. Jadi, sayang bila nanti peluang ekonomi Myanmar yang terbuka lebar itu, justru negara lain yang memanfaatkannya.

“Semen Indonesia terus melakukan upaya untuk segera punya pabrik di Myanmar dan titik positifnya sudah dekat,”ucapnya.

Saat ini, terdapat 14 PT Perkebunan Nasional (PTPN) yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka mengelolah berbagai perkebunan, antara lain, kelapa sawit, tebu, karet, kakao, kopi, dan teh.
Gagasan untuk membentuk holding BUMN perkebunan sebetulnya sudah sejak lama dan bahkan lebih dulu ada sebelum rencana pembentukan holding BUMN pupuk dan semen.

Gagasan itu terinspirasi dari gebrakan Malaysia yang menggabungkan beberapa perusahaan perkebunan yang dikuasainya.

Tetapi, nyatanya pembentukan holding BUMN pupuk dan semen sudah lebih dulu melenggang mulus dan sudah menemui keberhasilan.

Meski pembentukan holding BUMN perkebunan terkatung-terkatung sampai saat ini, beberapa PTPN terus menunjukkan kinerjanya yang lebih baik dan siap melantai ke bursa.
PTPN V dan VII telah mendapat lampu hijau dari Kementerian BUMN untuk melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) pada tahun ini. Kemudian PTPN X kini berancang-ancang menerbitkan obligasi.

Dahlan yakin dengan pembentukan holding perkebunan, sinergi diantara PTPN akan berjalan dengan baik untuk mencapai kinerja yang lebih baik pula.

Penulis: ROS/FEB
Sumber:Investor Daily
http://www.beritasatu.com/ekonomi/167222-dahlan-minta-sby-segera-bentuk-holding-bumn-perkebunan.html

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum