Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Thursday, February 6, 2014

Sumbar Pacu Sapi Lokal Melalui Inseminasi Buatan

PADANG— Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mendorong peningkatan produksi sapi lokal dengan inseminasi buatan. Cara itu dipilih karena dinilai menguntungkan peternak, sebab tidak perlu memelihara sapi jantan, mencegah kawin sedarah, menghindari kecelakaan saat perkawinan dan menghindari penyakit.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar Ali Asmar mengatakan inseminasi merupakan solusi terbaik untuk meningkatak produksi sapi lokal serta meningkatkan pendapatan peternak di Sumatra Barat.

“Keberadaan sapi pejantan di Sumbar sangat terbatas. Ini persoalan untuk meningkatkan produksi sapi lokal, padahal kebutuhan sangat tinggi,” ujarnya melalui rilis yang diterima Bisnis, Kamis (6/2/2014).

Inseminasi buatan secara komersil sudah dilakukan sejak 1975. Sistem perkawinan silang sapi tersebut dinilai mampu mendongkrak mutu genetis dan produktifitas sapi lokal melalui pemulihan (grading-up).

Dia mengatakan selama tiga tahun terakhir Pemerintah Provinsi Sumatra Barat telah menyebarkan ternak sapi sebanyak 5.543 ekor kepada petani ternak. Dari data sensus pertanian 2013, populasi ternak sapi patang sebanyak 326.674 ekor, sapi perah 671 ekor, dan kerbau 86.330 ekor.

“Jumlah itu belum mencukupi kebutuhan sapi di Sumbar, yang juga dimanfaatkan untuk kebutuhan sapi di provinsi tetangga,” katanya.

Kepala Dinas Peternakan Sumbar Erinaldi menyebutkan setiap tahun mereka memberikan bantuan ternak sapi kepada petani untuk mendongkrak produktifitas sapi lokal.

“Setiap tahun sekitar 300 kelompok tani selalu kami beri bantuan sapi. Jumlahnya sekitar 1.600 ekor. Program ini digulirkan setiap tahun,” paparnya
Oleh on Feb 6th, 2014

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum