Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Thursday, February 20, 2014

PTPN II SOSIALISASI BANK SAMPAH

 


Sampah adalah sisa dari suatu usaha atau kegiatan. Sampai saat ini, umumnya masyarakat memandang sampah sebagai bahan yang kotor dan tidak bernilai. Manusia sebagai pelaku usaha/ kegiatan rata rata menghasilkan sampah ± 1 kg/ orang/hari. Bisa dibayangkan jumlah sampah yang terjadi di Indonesia dalam satu hari. 


Oleh karena itu, dalam rangka implementasi Undang Undang nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, khususnya pasal 20 ayat 3, mengamanahkan pelaku usaha dalam pelaksanaan produksinya yang menimbulkan sampah agar sedapat mungkin melakukan upaya daur ulang dan atau penggunaan ulang sampah

Memandang pentingnya masalah sampah ini, PT Perkebunan Nusantara II yang diwakili oleh Bagian Pengendalian Mutu dan Lingkungan (PML) bersama dengan Manajemen Kebun Sawit Hulu dan masyarakat sekitar serta praktisi kreasi daur ulang sampah telah mengadakan Sosialisasi Pengelolaan Sampah dan Bank Sampah pada tanggal 20 Pebruari 2014 di Sawit Hulu.
 
Acara yang dihadiri oleh Bagian PML Kandir, Distrik Rayon Utara, karyawan Sawit Hulu dan masyarakat sekitar ini dibuka oleh Manajer Kebun Sawit Hulu Utara, Bapak Jarmaidin Purba. Dilanjutkan dengan sambutan dan arahan tentang sampah dan pengelolaannya yang disampaikan oleh Kabag. PML, Ibu Patricia Pasaribu. Dalam pemaparannya, disampaikan bahwa sosialisasi kegiatan Pengelolaan Sampah harus mengacu pada Prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Melalui Prinsip 3R ini diharapkan masyarakat dan karyawan memahami dan sadar tentang betapa pentingnya perlakuan terhadap sampah, yaitu berupa :

1. Mengurangi sampah dan menghemat pemakaian barang (Reduce)
2. Menggunakan kembali sampah yang masih dapat dimanfaatkan (Reuse), dan
3. Mengelola serta memanfaatkan sampah menjadi kreasi daur ulang (Recycle).

Selanjutnya, peserta sosialisasi juga diberi pemahaman tentang Bank Sampah dengan cara merubah pandangan/paradigma tentang sampah, yaitu sampah bisa menghasilkan uang. Dengan sloganDulu Sampah Sekarang Berkah” diharapkan pengelolaan sampah selain dapat melestarikan lingkungan juga dapat meningkatkan pendapatan warga. Sebagai pilot project, akan dibangun 2 buah Bank Sampah di Kebun Sawit Hulu Utara, 2 buah Bank Sampah di Kebun Sawit Hulu Selatan dan 1 buah Bank Sampah di PKS Padang Tualang Unit Sawit Hulu.

Sosialisasi yang diikuti oleh lebih dari 100 peserta tersebut mendapat sambutan meriah dan antusias warga dan berharap agar tindak lanjut berupa pembentukan Bank Sampah dapat segera direalisasikan.

Oleh : T. Zahrial Fauza (Bag. PML/2.16)

 http://ptpn2.com/main/index.php/component/content/article/36-profil/309-sosialisasi-bank-sampah

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum