Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Monday, February 10, 2014

LABUSEL : Harga Getah Anjlok

Labusel. Harga jual karet petani Labuhanbatu Selatan (Labusel) merosot tajam. Kondisi itu sudah dua pekan terakhir dialami petani karet di dua kecamatan di kabupaten itu. Harga jual karet sebelumnya di level Rp10.000 per kg, kini harga turun menjaadi Rp6.000-Rp7.000 per kg. "Sebelumnya harga karet Rp10.000 per kilogram. Sekarang menurun tajam," ungkap Udin, petani karet di Kecamatan Sei Kanan, Labusel, Jumat (7/2).
Akibat merosotnya harga karet, petani mesti lebih efisien dalam mengatur keuangan rumah tangga. Karena ketidaksebandingan penerimaan pendapatan dengan pengeluaran. "Sekarang lebih besar pengeluaran ekonomi dari pemasukan demi memenuhi kebutuhan hidup mereka," ujarnya.

Petani karet saat ini, katanya, meradang akibat penurunan harga tersebut. Konon lagi, bagi petani karet sepertinya yang hanya memiliki kebun karet seluas satu hektar dengan 600 batang pohon karet. Kalkulasinya, kata dia, untuk satu pohon karet hanya bisa menghasilkan satu ons getah. Bila dirata-ratakan getah karet yang dihasilkan dalam satu hektar hanya berkisar 300-500 kg perbulan. "Jika harga karet Rp7.000, maka penghasilan kotor Rp2juta sebulan. Penghasilan ini mesti dibagi dua untuk upah pekerja," ujarnya.

Uniknya, kondisi kemarau yang melanda Labusel sejatinya mendongkrak harga jual getah. Tapi, hal itu tidak terjadi pada saat ini. "Seharusnya ketika kemarau harga karet mahal. Sekarang berbeda," imbuh Ima Siregar, warga Desa Bange, Kecamatan Torgamba, Labusel. (fajar dame harahap)...


 http://mdn.biz.id/n/78036/

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum