Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Wednesday, February 19, 2014

PTPN II SOSIALISASI PENGELOLAAN LIMBAH B3

Industri kelapa sawit Indonesia merupakan bagian dari industri perkelapasawitan yang sangat dibutuhkan oleh dunia. Saat ini lebih dari 160 negara mengkonsumsi minyak kelapa sawit. Sejak tahun 2005, pangsa pasar minyak sawit telah menggeser pangsa pasar minyak kedelai dan minyak bunga matahari yang merupakan produk primadona negara negara di Amerika dan Eropa. 


Pergeseran pangsa pasar ini sangat dipengaruhi oleh beberapa keuntungan yang ada di industri kelapa sawit, diantaranya yaitu :

- Kelapa sawit merupakan tanaman tahunan yang diproduksi oleh negara berkembang/tropis, minyak nabati lainnya merupakan tanaman semusim yang diproduksi oleh negara sub tropis.
- Pengolahan tanah kelapa sawit 25 tahun sekali, kedelai 4 bulan sekali.
- Luas areal kelapa sawit hanya 4,5% namun mampu menghasilkan 34,2% dari produksi total minyak nabati dunia.
- Biaya produksi industri kelapa sawit terendah dibanding industri nabati lainnya.
- Minyak sawit 6 s/d 10 kali lebih produktif dari minyak nabati lainnya dalam efisiensi penggunaan lahan dan produktifitas.

Untuk menjaga ketahanan industri kelapa sawit di negara tropis atas tudingan/isu negatif yang selalu dilontarkan oleh negara produsen kompetitor (sub tropis) berupa deforestrasi, pemanasan global, dan lain sebagainya, maka Indonesia membentuk Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) yang mengkampanyekan bahwa industri kelapa sawit Indonesia adalah industri berkelanjutan dan berkomitmen dalam pelestarian sumber daya alam dan fungsi lingkungan hidup.

PT Perkebunan Nusantara II merupakan bagian dari industri agroindustri di Indonesia dengan salah satu komoditinya kelapa sawit, saat ini sedang melaksanakan proses sertifikasi ISPO di Kebun Sawit Hulu dan Kebun Sawit Seberang. Dalam rangka pemenuhan prinsip dan kriteria yang dipersyaratkan dalam ISPO, maka Bagian Pengendalian Mutu dan Lingkungan (PML) PT Perkebunan Nusantara II bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara mengadakan Sosialisasi Pengelolaan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), mengacu pada Aspek Kompetensi yakni adanya Pelatihan Penanganan Bahan Kimia dan B3. 

Acara terebut terlaksana pada tanggal 18 s/d 19 Pebruari 2014 di Kebun Sawit Seberang diikuti oleh perwakilan seluruh kebun wilayah Distrik Rayon Utara (DRU). Jumlah peserta keseluruhan berjumlah 43 orang. 

Dalam sambutan pembukaan, Kabag. PML, Ibu Patricia Pasaribu menyampaikan bahwa proses sertifikasi ini adalah upaya menampilkan aspek positif dari keberadaan industri perkelapasawitan di Indonesia sekaligus menangkis tudingan negatif pihak luar bahwa industri kelapa sawit merusak lingkungan. Batas waktu yang diberikan pemerintah untuk sertifikasi ISPO adalah tanggal 31 Desember 2014. PT Perkebunan Nusantara II harus melakukan percepatan dalam proses sertifikasi ini karena sampai saat ini baru kebun Sawit Hulu dan Sawit Seberang yang sedang menjalani proses sertifikasi ISPO. Kebun lainnya akan dilaksanakan pada tahun ini juga. 
 
Narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Limbah B3 ini berasal dari Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara dengan materi mengenai Identifikasi Limbah B3, Perizinan Pengelolaan Limbah B3, Tata Cara dan Persyaratan Teknis Pengelolaan Limbah B3, Prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle), dan Bank Sampah.
 
Selain merupakan salah satu syarat dari sertifikasi ISPO, diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini seluruh pelaku industri di bidang kelapa sawit mengerti segala sesuatu yang terkait dengan B3 dan Limbah B3, demi terlaksananya industri kelapa sawit Indonesia yang berkesinambungan.

Oleh : T. Zahrial Fauza (Bag. PML/2.16)

Sumber : PTPN2

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum