Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Friday, June 8, 2012

BK Tinggi Tak Hambat Peningkatan Ekspor CPO Sumut

Belawan. Tingginya pajak ekspor atau bea keluar (BK) atas komoditas ekspor CPO ternyata tidak memengaruhi aktivitas ekspor komoditas ekspor unggulan Sumatera Utara (Sumut) itu melalui Pelabuhan Belawan. Buktinya, saat pemerintah menetapkan BK CPO pada Mei sebesar 19,5% atau naik sebesar 1,5% dibanding April yang besarnya 18%, aktivitas ekspor komoditas CPO Sumut yang dikapalkan melalui Pelabuhan Belawan malah meningkat.
Data diperoleh MedanBisnis dari Pelindo I Cabang Belawan, Kamis (7/6) menyebutkan, selama Mei 2012 aktivitas ekspor komoditas CPO Sumut tercatat volumenya sebanyak 229.123 ton. Sementara selama April volumenya mencapai 185.706 ton atau meningkat sekitar 23,37%.

Selain selama Mei 2012,  ekspor CPO Sumut secara kumulatif juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Jika selama Mei kenaikan ekspor CPO Sumut yang dikapalkan ke mancanegara melalui Pelabuhan Belawan hanya 23,37%, namun secara kumulatif melonjak drastis hingga 65,78%.

Sesuai data dikutip MedanBisnis, selama Januari-Mei 2012 aktivitas ekspor CPO Sumut yang dikapalkan melalui dermaga CPO Pelabuhan Belawan yang menggunakan jasa pipa terpadu mencapai 1.188.111 ton, sedangkan periode serupa 2011 jumlahnya 716.643 ton atau melonjak sekitar 65,78%.

Ketua Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumut Khairul Mahalli yang dihubungi MedanBisnis melalui sambungan seluler, Kamis (7/6) mengatakan, aktivitas ekspor CPO di pasar dunia tidak tergantung besarnya bea keluar (BK) tetapi tergantung permintaan pasar.

Saat ini kata Khairul, produksi CPO di luar negeri seperti Malaysia tengah berkurang sementara kebutuhan banyak. “Jadi ekspor CPO tidak tergantung bea keluar tetapi tergantung permintaan pasar,” katanya.

Menurut Khairul, minggu depan ada pembeli dari Eropa dan Taiwan akan datang ke Medan untuk melihat secara langsung komoditas dari Sumut termasuk komoditas ekspor unggulan Sumut yakni CPO. “Tentu akan melakukan negosiasi,” terang Khairul.

Humas Pelindo I Cabang Belawan M Azmi Jauhari mengatakan, aktivitas ekspor komoditas CPO Sumut tahun ini diprediksi akan lebih baik dari sebelumnya. Jika sebelumnya aktivitas ekspor Sumut melalui Pelabuhan Belawan turun, tahun ini akan meningkat.

Sepanjang 2011 papar Azmi, aktivitas ekspor CPO Sumut yang dikapalkan ke manca negara melalui Pelabuhan Belawan sebanyak 2.256.629 ton. Sedangkan tahun 2010 jumlahnya 2.824.374 ton atau turun 20,10%. “Prediksi kita tahun ini ekspor komoditas CPO Sumut melalui Pelabuhan Belawan bakal meningkat,” tegas Azmi. (wismar simanjuntak)/MB

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum