Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Sunday, June 17, 2012

Petani Sawit Bengkulu Keluhkan Anjloknya Harga TBS

BENGKULU - Para petani kelapa sawit di Provinsi Bengkulu sejak sepekan terkahir mengeluh karena harga jual hasil panen tandan buah segar (TBS) mereka terus menurun, sehingga petani merugi. “Harga TBS di tingkat petani saat ini anjlok berkisar  Rp900-Rp1.000/kg dari sebelumnya mencapai Rp1.500/kg, kata seorang petani sawit Yahyo kepada Antara.

Ia mengatakan, jika harga TBS di Bengkulu terus bergerak turun, menyebabkan sebagian besar kebun rakyat akan diterlantarkan dan tidak terurus karena biaya perawatan tidak seimbang dengan harga jual TBS.
Turunnya harga sawit di Bengkulu diduga banyaknya TBS dari luar Bengkulu yang dijual ke pabrik di daerah itu. Akibatnya setiap pabrik pengolahan sawit memiliki stok bahan baku melimpah, sehingga mereka kewalahan untuk mengolahnya sekaligus berdampak pada harga sawit lokal.
TBS dipasok ke berbagai pabrik pengolahan kelapa sawit di Bengkulu hingga saat ini didatangkan dari wilayah Sumatra Barat dan Jambi. Biasanya pihak pabrik memprioritaskan buah kelapa sawit petani lokal, namun akibat banyaknya pasokan buah sawit dari luar Bengkulu mereka kewalahan.
Ketua Gabungan Petani Sawit Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Khairul Siregar minta semua pihak untuk mengawasi dampak turunnya harga TBS pada tingkat petani yang saat ini berkisar Rp 900 – Rp1.000/kg. Sedangkan harga sawit pada tingkat pabrik di Mukomuko saat ini tinggal Rp1.150 dari sebelumnya sebesar Rp1.350/kg.(Fathan)
Last Updated on Friday, 15 June 2012 07:35
http://www.infosawit.com/index.php?option=com_content&view=article&id=111:petani-sawit-bengkulu-keluhkan-anjloknya-harga-tbs&catid=25:lintas-update-latest

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum