Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, June 12, 2012

Perkebunan Sawit Jambi Sumbang 12 Persen PDRB

Perkebunan kelapa sawit menyumbang sekitar 12 persen per tahun untuk pendapatan atau PDRB Provinsi Jambi.
 
Kepala Dinas Perkebunan Jambi, Tagor Mulia Nasution, di Jambi, Selasa mengatakan, perkebunan sawit menyumbang PDRB Jambi rata-rata 12 persen per tahun.
 
Pemerintah Provinsi Jambi saat ini mengandalkan komoditi kelapa sawit untuk mensejahterakan petani atau masyarakat dan menjadi andalan pertumbuhan ekonomi wilayah.
 
Luas lahan kelapa sawit di provinsi Jambi berdasarkan data terakhir 2008, tercatat seluas 484.137 hektar yang terdiri dari perkebunan rakyat swadaya dan plasma seluas 316.480 hektar atau 65,37 persen.
 
Kemudian perkebunan besar negara seperti PTPN VI memiliki luas lahan 18.620 hektar (4,15%) dan perkebunan besar swasta 149.037 hektar (30,78%).
 
Dari luasan kebun kelapa sawit itu perkebunan besar swasta di dominasi oleh perusahaan seperti Sinar Mas Grup, Bakri Plantantion Grup, Gudang Garam Grup, Sari Aditya Loka Grup, Asian Agri Grup, dan Wilmar Grup.
 
Sementara itu, untuk produksi CPO yang tercatat pada 2008 sebanyak 1.203.433 ton, yang berasal dari kebun rakyat atau petani plasma ditambah dengan swadaya murni dan parsial sebesar 730.955 ton, BUMN 62.838 ton dan perkebunan besar swasta sebesar 409.640 ton.
 
Untuk Pabrik Kelapa Sawit (PKS) hingga tahun 2008 sebanyak 31 unit dengan 26 perusahaan perkebunan dan satu unit pabrik atau industri pengolahan kernel.
 
Tagor mengatakan, kelapa sawit masuk ke wilayah Provinsi Jambi tidak teridentifikasi dengan baik namun kelapa sawit baru di budidayakan oleh petani dan pelaku usaha pada pertengahan tahun 1980- an.
 
(es/ES/bd-ant)

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum