Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Wednesday, June 6, 2012

Karya Foto :Tren fenomena alam di Antariksa-ku

Wah! Pertengahan 2012 Ada Transit Venus, Terjadi Seabad Lagi


Sangat beruntung kami,ini pelajaran berharga!!

"Fenomena ini diperkirakan akan terjadi kembali pada 7 Juni 2012, 12 Desember 2117, 8 Desember 2125, dan 11 Juni 2247". Semoga kami bisa melihatnya lagi...Amin
Seperti hendak melahab sesuatu he3x(lihat bulatan kecil di kanan atas)karya Foto Prabudi G.ST,SH




Berita Terkait :

Jakarta Pertengahan tahun ini ada fenomena angkasa unik yang sangat jarang terjadi. Namanya transit Venus, yakni ketika planet ini berada dalam satu garis lurus dengan Bumi dan matahari. Jangan lewatkan ya, karena fenomena ini baru akan terjadi sekitar seabad lagi!

"Transit Venus berarti Venus melintas tepat di depan matahari. Kalau bulan yang melintas, maka itu gerhana. Kalau Venus yang dilihat dari Bumi kecil sekali, sehingga tampak seperti bintik hitam. Jadi titik hitam ini melintas di piringan matahari," kata Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin.

Hal itu disampaikan Djamaluddin dalam perbincangan dengan detikcom, Selasa (3/1/2012). Menurut dia, peristiwa ini bakal terjadi pada 7 Juni 2012 dan bisa disaksikan dari Indonesia.

Dia menuturkan transit Venus tercatat pernah terjadi pada 9 Desember 1874, 6 Desember 1882 dan 8 Juni 2004. Diperkirakan fenomena ini akan terjadi kembali pada 7 Juni 2012, 12 Desember 2117, 8 Desember 2125, dan 11 Juni 2247.

"Berbeda dengan gerhana bulan yang memang sering terjadi setiap tahun, transit Venus tidak demikian. Sebab bulan memang selalu mengitari matahari. Sedangkan Venus dan Bumi sama-sama mengitari matahari, sehingga kesempatan matahari, Venus dan Bumi berada dalam satu garis itu jarang sekali," papar alumnus Universitas Kyoto, Jepang, ini.

Dulu, fenomena ini digunakan oleh para astronom untuk menghitung diameter matahari. Namun seiring dengan telah diketahuinya perkiraan diameter matahari, maka dari segi ilmiah tidak ada penelitian yang mencolok. Meski demikian transit Venus menjadi peristiwa yang tak akan dilewatkan para astronom amatir.

Peristiwa ini akan terjadi pada saat matahari bersinar, yakni pukul 05.09 WIB dan berakhir pada 11.49 WIB. Wilayah Indonesia bagian timur dan tengah kemungkinan besar bisa melihat peristiwa ini sejak awal hingga akhir. Namun di wilayah Jawa, Sumatera dan Kalimantan, kemungkinan besar hanya akan melihat di saat akhir.

"Sulit dilihat dengan mata telanjang karena akan silau. Jadi butuh teleskop atau bisa juga binokuler," sambung Djamaluddin.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan fenomena ini, bisa datang ke LAPAN, Pusat Observatorium Bosscha ataupun Planetarium Jakarta. Di tempat-tempat tersebut, terdapat teleskop yang akan membantu Anda mengamati transit Venus. Tertarik?

(vit/nrl)


Pagi Ini Planet Venus Melintas di Hadapan Matahari

Jakarta Fenomena transit venus atau melintasnya venus di depan matahari terjadi pada Rabu (6/6/2012) pagi ini. Untuk diketahui transit venus ini sangat langka karena transit berikutnya akan terjadi pada tahun 2117.

"Ya, peristiwanya terjadi pada Rabu, 6 Juni. Venus melintas di hadapan piringan matahari atau biasa disebut sebagai transit Venus," kata Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lapan, Thomas Jamaluddin, Minggu (3/6/2012) kemarin.

Thomas mengatakan, peristiwa ini terjadi pada pukul 05.00 WIB hingga pukul 11.49 WIB dan dapat disaksikan di seluruh Indonesia. Namun, seluruh tahapan proses transit Venus akan dapat dilihat dengan sempurna di Indonesia Bagian Timur. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan waktu antara Indonesia barat dan Indonesia Timur.

"Kalau di Indonesia Timur pada pukul 05.00 WIB matahari sudah terbit," katanya.

Thomas mengatakan, saat transit matahari akan seperti titik hitam yang melintas di depan matahari. Untuk melihat transit Venus ini warga dapat menggunakan kaca mata hitam.

"Namun yang paling aman memang menggunakan kaca mata khusus karena dengan menggunakan kaca mata hitam sinar mentari masih terlihat menyilaukan," katanya.

Mengutip dari Telegraph, transit venus selanjutnya akan terjadi pada tahun 2117. Fenomena transit venus ini selama ini dinanti-nantikan oleh sejumlah ilmuwan antariksa di berbagai penjuru dunia.(dtc)

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum