Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Friday, June 15, 2012

Petani Kakao Aceh Akan Dapat Sertifikasi

BANDA ACEH : Dalam tempo dua tahun ke depan, petani kakao Aceh diupayakan akan mampu meperoleh sertifikasi dari lembaga sertifikasi internasional. Hal itu dimaksudkan agar eksportir dari berbagai belahan dunia internasional tidak ragu membeli atau berbisnis kakao di wilayah penghasil kakao ketiga terbesar di Indonesia itu.
Target tersebut sesuai hasil pertemuan reguler-V pengurus, petani dan pedagang kakao Aceh pada Selasa (12/6) di Banda Aceh. Hal itu dikatakan Ketua Forum Kakao Aceh Hasanuddin Darjo kepada Media Indonesia, Rabu (13/6).

Hasanuddin mengatakan untuk bisa memperoleh sertifikasi internasional itu, petani Aceh telah memenuhi beberapa syarat. Di antaranya adalah sudah bagus memelihara tanaman kakao, telah bisa mengetes kadar air dan sudah mampu memperlakukan keseragaman biji.

"Dari semua syarat untuk mendapat sertifikasi internasional, 70% di antaranya sudah dimiliki petani Aceh. Mudah mudahan lembaga sertifikasi internasional bersedia bermitra dengan forum kakao Aceh," kata Hasanuddin yang juga Sekretaris Pemerintah Kabupaten Tenggara.

Untuk itu, pihaknya sekarang terus melakukan berbagai upaya pelatihan dan pembinaan dengan bekerja sama dengan lembaga donor seperti Swisscontack.

Dengan ini petani, pedagang dan penampung kakao di Aceh lebih cerdas menjaga peningkatan mutu.

"Kalau sudah memiliki standar sertifikasi internasional, para ekportir dan pasar dunia tidak ragu lagi membeli kakao Aceh. Kami juga sudah mampu bersaing di tingkat pasar dunia," tambah Azmil Umur, Manager Operasional Forum Kakao Aceh. (micom)/Eksp

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum