Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Monday, November 21, 2011

Luas Perkebunan Lampung Timur Bertambah

SUKADANA- Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Lampung Timur mencatat luas perkebunan setempat bertambah sekitar 15.395 hektare pada tahun ini.

"Penambahan seluas itu merupakan budi daya baru karena belum merupakan tanaman belum menghasilkan," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Lampung Timur, Edwin Bangsaratoe, di Sukadana, Minggu.

Ia saat dihubungi dari Kalianda mengatakan, tanaman tersebut merupakan upaya perluasan dengan budi daya baru untuk meningkatkan produksi perkebunan setempat, selain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Budi daya baru tersebut untuk mengganti sejumlah tanaman komoditas perkebunan yang saat ini sudah tidak produktif akibat rusah atau mati," katanya.

Budi daya baru iu, lanjut dia, terdiri atas berbagai jenis tanaman perkebunan unggulan petani seperti tanaman semusim, tanaman tahunan dan tanaman rempah atau penyegar karena tumpuan petani setempat.

Ia mengatakan, akan terus berupaya untuk meningkatkan budi daya baru dengan menggalakkan kalangan petani merehabilitasi tanaman yang sudah tua, rusak atau mati agar populasinya terus bertambah.

Secara perinci ia menguraikan, budi daya baru tersebut berupa tanaman aren seluas 3,0 hektare, kelapa dalam seluas 2,081 hektare, kelapa hibrida seluas 2,50 hektare, kelapa sawit seluas 2.082 hektare, kapuk seluas 35,10 hektare.

Kemudian, tembakau seluas 3.50 hektare, lada seluas 563,75 hektare, pala seluas 340,05 hektare, cengkih seluas 14,0 hektare, vanili seluas 10,25 hektare, koi robusta seluas 74,25 hektare.

Lalu tanaman kakao seluas 4.673 hektare, pinang seluas 59,75 hektare, cabai jamu seluas 80,45 hektare.

Ia menyebutkan, dengan seluas 15.395 tanaman baru tersebut total tanaman perkebunan di Lampung Timur mencapai 48.043 hektare dengan tanaman produktif 35.554 hektare dan tanaman tidak produktif seluas 4.568 hektare.

"Produksi seluruh tanaman perkebunan di Lampung Timur mencapai 34.377,64 ton yang ditekuni oleh 128.351 petani," katanya.(BD)

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum