Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, November 15, 2011

TBS Kelapa Sawit Bengkulu Naik

Bengkulu-Harga tandan buah segar kelapa sawit petani di Provinsi Bengkulu pekan ini naik tipis yaitu menjadi Rp1.190 dari sebelumnya Rp1.175 per kilogram.

 Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit itu naik karena permintaan pada tingkat pabrik pengalami peningkatan, sedangkan produksi petani dendrung turun akibat pengaruh kemarau belum lama ini, kata seorang petani kelapa sawit di kawasan teluk Sepang, Kota Bengkulu Ahmad,Selasa.

Ia mengatakan,
produksi kelapa sawit itu mulai naik diperkirakan tiga bulan ke depan karena selama musim kemarau areal perkebunan kelapa sawit seluruhnya kekeriangan dan berdampak pada tingkat buah.

Disamping itu pemupukan tidak bisa dilakukan pada saat musim kemarau karena dikhawatirkan habis terbawa tanah gersang, ketika musi hujan pupuk itu hanyut, berbeda bila melakukan pemupukan pada musim penghujan.

"Kami tetap mengharapkan harga TBS kelapa sawit petani kembali naik karena bisa mengimbangi biaya perawatan dan pemupukan," katanya.

Seorang pedagang pengumpul buah kelapa sawit yahyo membenarkan, bahwa harga TBS kelapa sawit pada tingkat petani terjadi kenaikan, meskipun nilai cukup kecil karena permintaan dari pabrik terjadi peningkatan.

Ia mengatakan, harga kepala sawit itu sangat tergantung dengan harga pasar internasional, bila terjadi kenaikan maka pada tingkat petani otomatis juga akan naik.

Pihaknya menjual ke beberapa pabrik pengolahan lokal yaitu di Bengkulu Utara dan Bengkulu Tengah, sedangkan sebelumnya menjual ke Kabupaten Muara Enim, Sumsel karena pabrik lokal terlalu banyak stok.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu Ir Riky Gunarwan mengatakan, luas perkebunan sawit rakyat dan perkebunan besar di daerah ini mencapai 212.727 hektare dengan produksi 2,3 juta ton TBS per tahun.

Sentra perkebunan sawit di Bengkulu, terdapat di Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara, Kota Bengkulu, Seluma, Kaur dan Kabupaten Mukomuko.

Harga selengkapnya SBB.

15/11 11/11 Kelapa sawit: Harga pada tingkat petani 1.190 1.175 PT Agromuko 1.150 1.150

PT Daria Dharma Pratama 1.100 1.100

PT BMK 1.125 1.125

PT Sentosa jaya Abadi 1.100 1.100

PT Mukomuko Indah Lestari 1.130 1.130

PT Alno Agro Utama /MPM 1.150 1.150

PT Agricinal 1.200 1.200

PT Bio Nusantara Tehnologi1.250 1.250

PT PN VII/UBS Bengkulu 1.200 1.200

PT Agro Sawitindo 1.135 1.135

PT Agri Andalas 1.250 1.250

PT Sandabi Indah Lestari 1.200 1.200

(jh/JH/bd-ant)/BDS

1 comment:

ibu melda di singapura said...

SAYA SANGAT BERSYUKUR KEPADA ALLAH DAN SANGAT BERTERIMAKASIH BANYAK KEPADA KI WARA,ATAS BANTUANNYA YANG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA YAITU {4714} DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..WAKTU SAYA DIBERI TAU SAMA TEMAN KALAU ANKA YANG SAYA PASAN NAIK,SAYA HAMPIR PINSAN DAN TIDAK PERCAYA TAPI INI JUGA BENER2 KENYATAAN,,BERKAT BANTUAN KI WARA KINI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUANYA DAN RUMAH JUGA YAGA DILUNYA SEMPAT KUGADAIKAN KINI SAYA SUDAH MENEBUSNYA KEMBALI..SYUKUR ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,,DAN JIKA ANDA INGIN ANKA JITU DAN BUKAN OBRAL JANJI YG SERING ANDA DAPATKAN SILAHKAN HUBUNGI KI WARA DI 082322214888 DIJAMIN INSYA ALLAH 100% PASTI TEMBUS

SAYA SANGAT BERSYUKUR KEPADA ALLAH DAN SANGAT BERTERIMAKASIH BANYAK KEPADA KI WARA,ATAS BANTUANNYA YANG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA YAITU {4714} DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..WAKTU SAYA DIBERI TAU SAMA TEMAN KALAU ANKA YANG SAYA PASAN NAIK,SAYA HAMPIR PINSAN DAN TIDAK PERCAYA TAPI INI JUGA BENER2 KENYATAAN,,BERKAT BANTUAN KI WARA KINI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUANYA DAN RUMAH JUGA YAGA DILUNYA SEMPAT KUGADAIKAN KINI SAYA SUDAH MENEBUSNYA KEMBALI..SYUKUR ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,,DAN JIKA ANDA INGIN ANKA JITU DAN BUKAN OBRAL JANJI YG SERING ANDA DAPATKAN SILAHKAN HUBUNGI KI WARA DI 082322214888 DIJAMIN INSYA ALLAH 100% PASTI TEMBUS

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum