Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Tuesday, November 15, 2011

BUMN Perkebunan Harus Terapkan IRFS

JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengimbau seluruh BUMN Perkebunan agar mentransformasikan laporan keuangan dengan menerapkan sistem pelaporan berdasarkan standar pelaporan keuangan internasional (IRFS).

"Pembicaraan ini sudah kami lakukan pada pertemuan BUMN Perkebunan di.... 
Bali kemarin, agar mereka siap," ujar Dahlan di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa.

Standar pelaporan keuangan internasional (International Financial Reporting Standard/IRFS) akan mulai diberlakukan pada 1 Januari 2012.

Dahlan mengakui penerapan standar pelaporan keuangan internasional ini sekaligus untuk mengajak seluruh perusahaan BUMN memenuhi kewajibannya baik sebagai perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), maupun tidak.

"Kesempatan inilah yang saya gunakan untuk mengajak seluruh BUMN dapat menggunakan dan memanfaatkannya dengan baik," katanya.

Terlambat melaporkan
Sebelumnya Ketua Bapepam-LK Nurhaida mengatakan, selama ini masih terdapat hambatan untuk menuju pelaporan keuangan internasional, karena beberapa emiten masih terlambat melaporkan data keuangannya baik triwulan, semesteran, maupun tahunan.

Di samping itu, beberapa emiten ada yang mengeluhkan keterbatasan sumber daya manusia dan juga perusahaan tersebut belum paham akan instrumen keuangan. "Memang, ada banyak tantangannya mulai dari kurang kepedulian hingga tidak menginginkan terjadinya perubahan tersebut. Tapi yang jelas, setiap pelaku usaha harus berubah," tegas Nurhaida.

Ia mengakui Malaysia dan Singapura sudah menerapkan IFRS sejak 2006 lalu. Australia sendiri setahun sebelumnya, dan diharapkan idealnya mulai 2012, seluruh negara Asia Tenggara sudah relatif sama dalam menerapkan standar laporan akuntansi, termasuk Indonesia.

Dampaknya pun, menurut dia, akan terasa luas karena industri akuntansi di Indonesia akan siap menghadapi Komunitas ASEAN yang akan berlangsung pada 2015, sehingga investor asing akan banyak berinvestasi di Indonesia. (ant/gor)

No comments:

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum