Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Friday, October 18, 2013

Harga Karet Ekspor Diperkirakan Bakal Menguat

MEDAN–Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) Sumatra Utara (Sumut) memperkirakan harga ekspor karet akan menguat hingga akhir 2013 meski tetap di bawah tiga dolar AS per kilogram.

“Tren harga menguat karena permintaan akan naik untuk stok pabrik di libur akhir tahun. Tetapi meski naik diperkirakan harga tetap di bawah tiga dolar AS per kg,” kata Sekretaris Gapkindo Sumut, Edy Irwansyah di Medan, Rabu (16/10/2013).


Pada 16 Oktober misalnya, harga jual karet di Bursa Singapura untuk pengapalan November sebesar 2,38 dolar AS per kg dan naik sedikit untuk pengiriman Desember yaitu 2,38 dolar AS per kg.

Dengan harga sebesar itu, harga bahan olah karet (bokar) di tingkat pabrikan mencapai Rp22.394-Rp24.394 per kg. Edy menjelaskan masih di bawah tiga dolar AS-nya per kg harga karet itu merupakan dampak melemahnya pembelian dari tiga negara pembeli utama yaitu China, Amerika Serikat dan Jepang.
Melemahnya pembelian dari tiga negara itu juga tidak terlepas dari dampak krisis global yang masih dirasakan hingga akhir 2013 ini.

“Menurunnya pembelian dari tiga negara itu sendiri langsung terlihat pada volume ekspor per Agustus yang menurun 0,81 persen atau menjadi 291.447 ton dari 2012 yang masih sebanyak 293.825 ton.

Ketua Asosiasi Petani Karet Indonesia (Apkasindo), Anizar Simanjuntak menyebutkan petani sedang kesulitan karena selain harga murah, produksi petani juga menurun karena dampak cuaca ekstrim.

“Menguatnya nilai tukar dolar AS saja tidak berdampak positif pada harga jual di tingkat petani,” katanya.
Satu-satunya cara terbaik menolong petani adalah melakukan replanting atau peremajaan tanaman, tetapi keinginan itu terbentur dari sulitnya memperoleh dana untuk program tersebut.(ant/msi)

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum