Quote:
dokumentasi "VERSI" elektronik-ku ini bermaksud membiasakan menggunakan " LESS PAPER " ,serta "PENGHORMATAN ATAS KEBEBASAN BERPENDAPAT,BEREKSPRESI,& BERKREASI," utk menyampaikan informasi,dalam "AKTIVITAS HARIAN".. beberapa "ada" yang dikutip dari berbagai sumber yang *inspiratif* jika ada yg kurang berkenan mohon dimaklumi,jika berminat utk pengembangan BloG ini silahkan kirim via email. mrprabpg@gmail.com...Thank's All Of You

running text

Search This Blog

sudah lihat yang ini (klik aja)?

Monday, October 21, 2013

Pemprov Babel Salurkan Jutaan Bibit Karet

PANGKALPINANG : Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) pada 2014 akan menyalurkan satu juta bibit karet unggul untuk meningkatkan produksi karet petani di daerah itu.
"Bantuan bibit karet ini karena hampir 80 persen tanaman karet petani tidak menggunakan bibit unggul, sehingga produksi rendah," kata Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Babel Sunardi di Pangkalpinang, Jumat 18 Oktober 2013.


Ia menjelaskan, anggaran bantuan sejuta bibit karet ini berasal dari APBN 2014 dalam upaya meningkatkan kualitas, produktivitas dan kesejahteraan petani karet yang tersebar di Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang.

"Dengan adanya bantuan ini petani akan mudah mendapatkan bibit unggul dalam meremajakan tanaman karetnya yang sudah tua," ujarnya.

Ia mengatakan, keunggulan bibit karet yang akan disalurkan kepada petani ini yaitu produksi lebih cepat dibanding karet alam, umur empat tahun sudah bisa disadap, sementara bibit karet alam mencapai enam hingga tujuh tahun.

"Saat ini kita sedang mempersiapkan bibit unggul tersebut dan mudah-mudahan pertengahan tahun nanti sudah bisa disalurkan kepada petani," ujarnya.

Menurut dia, selama ini petani karet sulit mendapatkan bibit berkualitas, karena ketersediaan bibit unggul di sentra pembibitan lokal terbatas.

"Untuk medapatkan bibit unggul, petani harus memesan terlebih dahulu ke Palembang, Jambi atau daerah sentra karet lainnya sehingga membutuhkan biaya yang cukup besar ang sulit dijangkau petani," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, agar untuk mendapatkan bantuan bibit petani diharapkan untuk segera melapor dan membuat surat permohonan bantuan ke Dinas Perkebunan di kabupaten.

"Kami akan menyurvei ke lapangan, apakah petani ini layak mendapatkan bantuan atau tidak dan kegiatan survei ini agar bantuan ini tepat sasaran," ujarnya.(ant)/Eksp

cari apa aja di OLX

Sponsor By :

TEMBAKAU DELI

Hobies

Momentum